lapor pawgp icon cpar pawgp acopta

youtube pawgp youtube pawgp icon instagram fb icon

logo

Written by Super User on . Hits: 66

Ketua PA Waingapu Tausiyah Ramadhan 1444 H di Masjid Attawabin

20230409 Tausiyah Ramadhan 01

Sumba Timur ǀ www.pa-waingapu.go.id

Waingapu, Minggu 9 April 2023 Ketua PA Waingapu, Bahrul Ulum, S.H.I menyampaikan Tausiyah Ramadhan tentang Jihad di jalan Allah sesuai dengan anjuran Rasulullah. Beliau menjelaskan bahwa Jihad itu jangan ditafsirkan seperti hanya halnya perang saja, namun harus sesuai dengan keadaan dan situasi kondisi saat ini.

Namun banyak orang keliru memahami ayat-ayat tersebut, kekeliruan itu membawa pada tindakan keliru dalam bentuk penyerangan dan kekerasan terhadap orang-orang atau pihak yang bahkan dijamin keselamatannya dalam islam melalui aksi ekstremisme, terorisme, atau propaganda Jihad untuk memusuhi pihak-pihak yang tidak boleh disakiti dalam islam.

Beliau memberikan contoh yang mudah kepada jamaah seperti bangun untuk mendirikan shalat subuh di udara yang dingin dan mengalahkan hawa nafsu untuk kembali tidur sudah merupakan bentuk dari Jihad, mengontrol hawa nafsu untuk tidak menyakiti tetangga, untuk peduli sekitar dan tidak melakukan kerusakan juga merupakan bentuk dari Jihad yang diridhoi Allah.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa dengan memahami pengertian Jihad secara benar atau sesuai anjuran sunnatullah diharapkan kita tidak keliru dalam memahami dan bersikap terhadap penerapan Jihad. Sehingga kerukunan, kepedulian antar tetangga dan lingkungan dapat tercipta secara harmonis.

Setelah menyampaikan tausiyah, beliau mengajak jamaah untuk menutup acara dengan membaca kafaratul majelis dan dilanjutkan dengan acara berbuka bersama.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan  Agama Waingapu

Jl. Jend Soeharto, Hambala, Kota Waingapu, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur 87112

Telp: 0387-61413

Fax: 0387-61100

mail icon ig icon fb icon

Lokasi Kantor

 

Pengadilan Agama@2023